UIT Memulai Rintisan Kerjasama Perguruan Tinggi Jepang

Bertempat di Hotel Wisata UIT 4, Makassar, dihadiri tidak kurang dari seratus dosen yang juga merupakan pimpinan Universitas Indonesia Timur (UIT) (23/8). Wakil Rektor, Dekan, dan Wakil Dekan, serta dosen UIT bersama-sama mulai menumbuhkan minat untuk pengembangan publikasi ilmiah.

Wakil Rektor IV UIT, Zulkarnain Hamson, M.Si., menyampaikan dalam sambutan pembukaan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dalam pengembangan akademik UIT. Dengan kerjasama internasional menjadi pilar untuk memperkuat Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sebelum acara dimulai, Rektor UIT, Dr. Andi Maryam, menerima Prof. Peter di gedung rektorat UIT.

UIT dengan kantor rektorat di Rappocini, Makassar, saat ini mengelola 20 program studi, dengan empat program studi magister. Sejak tahun lalu, UIT kembali berbenah untuk memenuhi kriteria pendidikan tinggi yang sehat. Program internasionalisasi yang dilaksanakan kali ini mempertahankan kerjasama dengan perguruan tinggi Jepang.

Prof. Dr. Peter John Wanner, dosen di Tohoku University, Jepang sebagai mitra dialog dosen-dosen UIT pada kesempatan tersebut mengemukakan bahwa menulis sesungguhnya merupakan bagian pendukung dalam mengemukakan ide mengenai masalah yang muncul di masyarakat. “Sebagai dosen, tidak hanya terkait dengan kepakaran dalam ruang kelas semata. Lebih dari itu, kepekaan untuk menyelesaikan masalah menjadi tugas seorang ilmuwan”, tutur Prof. Peter menutup acar dialog.

Southeast Asia Academic Mobility (SEAAM) sebagai jaringan kerjasama perguruan tinggi, berupaya untuk menjadi bagian dalam pengembangan perguruan tinggi di Indonesia dan Asia Tenggara. “Saat ini, tahun ketiga SEAAM sejak pembentukan di Manado. Merupakan kesempatan untuk memberikan penguatan kerjasama dan juga perluasan jaringan”, demikian disampaikan Ismail Suardi Wekke, Scientific Committee SEAAM.

Ismail memperkenalkan SEAAM sebagai sebuah flatform bagi dosen untuk menjadi wadah dalam saling memperkuat akivitas dalam bidang akademik. Sejak pembentukan di tahun 2016, SEAAM menginisiasi kolaborasi dengan pelbagai perguruan tinggi se Asia Tenggara, sekaligus juga dengan perguruan tinggi Asia.

UIT Memulai Rintisan Kerjasama Perguruan Tinggi Jepang
It's only fair to share...Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin
Tagged on:                 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »