Universitas Muhammadiyah Palu Adakan Diskusi dengan Dosen Tamu

Universitas Muhammadiyah Palu Adakan Diskusi dengan Dosen Tamu

LiputanPalu.com – Sebagai salah satu Universitas Swasta terbesar di Sulawesi Tengah, Universitas Muhammadiyah Palu (Unismuh Palu) rutin mengadakan kegiatan-kegiatan yang sifatnya bukan hanya bersifat lokal namun juga berwawasan Internasional.

Pada awal tahun 2019 ini Unismuh Palu kembali mengadakan Diskusi Internasional bertempat di Aula Rektorat Uniismuh Palu pada hari Rabu (16/01/2019), dengan Pemateri Prof. Dr. Eng. Dinii Pushpalal, Dosen dalam bidang Human Security, Tohoku University, Jepang.

Diskusi ini membahas tentang bagaimana pembuatan proposal penelitian yang baik dan benar yang kemudian nantinya ilmu ini diaplikasikan dan dikembangkan para Civitas Akademika lingkungan Unismuh Palu untuk meneliti tentang bencana yang baru saja terjadi di Sulawesi Tengah.

Dalam kesempatan ini Prof. Dr. Eng. Dinii Pushpalal menjelaskan bahwa sebuah proposal penelitian berawal dari suatu fenomena. Fenomena tersebut dapat membuka perspektif baru dan tidak mengulang penelitian yang sudah ada sebelumnya.

Dinii Pushpalal juga mengingatkan kepada para Civitas Akademika Unismuh untuk menghindari Plagiarisme. “Seorang peneliti harus memastikan penelitianya tidak terdapat unsur plagiarisme. Seorang peneliti harus memberikan rujukan penelitan atau referensi, boleh saja menyalin tapi hasil rujukannya harus berasal dari analilis sang peneliti sendiri,” jelasnya.

Pada akhir acara Dinii Pushpalal menyatakan senangnya dapat mengunjungi Unismuh Palu. Beliau mengatakan bahwa para Dosen di Unismuh Palu masih sangat muda dan punya kemauan belajar yang tinggi. “Hal yang paling penting sebagai seorang Pengajar maupun Peneliti yang masih muda adalah mengembangkan kemempuan untuk meneliti dan menulis suatu proposal penelitian dan memasukkannya kedalam Jurnal Internasional. Hal tersebut dapat membuat seorang peneliti mendapatkan International Expose” ungkapnya.

Rektor Unismuh Palu, Dr. Rajindra S.E., M.M., setelah acara diskusi berharap para Dosen dapat bersinergi dalam pembuatan penelitian yang bertemakan tentang penanggulangan bencana yang baru saja terjadi di Sulawesi Tengah. Beliau juga berharap diskusi-diskusi seperti ini terus dapat diselenggarakan di lingkungan kampus Universitas Muhammadiyah Palu. (LP-UK)

Berita sudah diterbitkan lebih awal di tautan laman: https://liputanpalu.com/berita/kota-palu/universitas-muhammadiyah-palu-kembali-mengadakan-diskusi-internasional/

Universitas Muhammadiyah Palu Adakan Diskusi dengan Dosen Tamu
It's only fair to share...Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »