Kesyukuran Dua Tahun SEAAM dengan YSSTEE

Kesyukuran Dua Tahun SEAAM dengan YSSTEE

Sejak pembentukan dua tahun lalu di IAIN Manado (2016), South East Asia Academic Mobility (SEAAM) berusaha untuk menjadi wadah kerjasama akademik di Asia Tenggara. Serangkaian acara kesyukuran dua tahun SEAAM antaranya adalah pelaksanaan Young Scholar Symposium on Transdisciplinary in Education and Environment (YSSTEE).

Sesi paralel sudah dilaksanakan sehari sebelumnya dengan para penyahi berasal dari pelbagai perguruan tinggi Indonesia dan juga dari beberapa negara seperti Jepang, Thailand, dan Malaysia. Sementara itu, Universitas Muhammadiyah Sorong, dan Universitas Lampung menjadi bagian pelaksana bersama acara YSSTEE.

Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia menjadi tuan rumah pelaksanaan YSSTEE. Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung, Prof. Dr. H. Chairul Anwar dalam sambutan pembukaan di Hotel Emersia (10/11) menyampaikan bahwa pelaksanaan YSSTEE ini menjadi wujud komitmen pimpinan fakultas untuk memberikan wadah bagi ilmuwan muda untuk berkreasi dan menemukan tempat untuk mendapatkan publikasi.

Senada dengan itu, Prof. Dr. Shukree Langputeh, Wakil Rektor Universitas Fatoni, Thailand salah satu pembicara kunci menyatakan bahwa sebuah platform untuk bekerjasama antara senior dan yunior diperlukan. Kehadiran YSSTEE ini dapat menjadi sebuah langkah untuk mewujudkan itu. “Dengan adanya SEAAM ini, akan menjadi sebuah jaringan untuk saling membantu, demikian dituturkan Prof. Shukree ketika menyampaikan materinya.

Sementara itu para peneliti Unit Riset dan Publikasi Ilmiah (URPI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung menjadi panitia dan sekaligus motor penggerak pelaksanaan YSSTEE. “Jikalau memungkinkan, pelaksanaan kegiatan ini akan dilaksanakan secara berkala” tutur Antomi Saregar, peneliti URPI.

“Pada saatnya akan kita umumkan bahwa YSSTEE akan dilaksanakan pada kesempatan berikut. Hanya saja, kita akan publikasikan hasil-hasil dari makalah yang sudah disajikan” demikian disampaikan Ismail Suardi Wekke, Scientific Committee SEAAM mengakhiri acara dengan dua panel pembicara kunci.

Kesyukuran Dua Tahun SEAAM dengan YSSTEE
It's only fair to share...Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »