IMLA dan WAMY Gelar Dauroh Bersama UM Sorong

 

IMLA dan WAMY Gelar Dauroh Bersama UM Sorong

Ikatan Pengajar Bahasa Arab Se-Indonesia (IMLA) dengan dukungan World Assembly of Muslim Youth (WAMY) melaksanakan pelatihan bersama Universitas Muhammadiyah Sorong di Kota Sorong (20-21/10).

Hadir dalam kesempatan tersebut Drs. Ahmad Fuad Effendy, MA (Universitas Negeri Malang) dan Dr. Mubib Abdul Wahab (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta). Sementara dari internal perguruan tinggi kota Sorong, hadir Dr. Ismail Suardi Wekke (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Sorong). Ketiganya, sebagai narasumber acara dauroh tersebut.

Bertempat di aula rektorat Universitas Muhammadiyah Sorong (UMS), Rektor UMS Dr. H. Hermanto Suaib membuka acara dengan menguraikan pandangan tentang keperluan bahasa Arab tidak saja bagi guru bahasa Arab tetapi juga bagi dosen. Sehingga dengan pelaksanaan acara ini, akan menjadi sebuah awal untuk pendirian program studi yang akan berada di bawah Fakultas Agama Islam.

Hadir sebagai peserta, guru-guru bahasa Arab se Sorong Raya. Terdiri dari guru bahasa Arab di madrasah ibtidaiyah, tsanawiyah, dan juga aliyah. Tidak terbatas dari sekolah formal tetapi juga dari taman pendidikan Alquran. Keikutsertaan guru-guru dalam mengikuti pelatihan menjadi bagian dari program pengabdian masyarakat yang digelar Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sorong.

Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Bahasa Arab menjadi program IMLA dan WAMY di sepuluh kota sepanjang bulan Oktober. Salah satu mitra dari pelaksanaan dauroh tersebut adalah Universitas Muhammadiyah Sorong. Walaupun belum mengelola program studi atau fakultas Agama Islam, UM Sorong berusaha untuk menjadi bagian pelaksanaan pelatihan dengan program kerja ke depan bisa membuka peluang pembukaan program studi yang terkait dengan keagamaan Islam.

Dr. Ismail Suardi Wekke, yang juga Scientific Committee SEAAM, sebagai penanggung jawab daerah menyampaikan bahwa pelaksanaan pelatihan ini sebagai cikal bakal pembentukan pengurus daerah IMLA di Kota Sorong dan Papua Barat. “Sehingga dengan berakhirnya pelatihan ini akan terbentuk asosiasi guru bahasa Arab” demikian tutur Ismail seiring dengan penutupan pelatihan yang berlangsung selama dua hari.

IMLA dan WAMY Gelar Dauroh Bersama UM Sorong
It's only fair to share...Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »