Transformasi STKIP Muhammadiyah Sorong ke UNIMUDA Sorong

Transformasi STKIP Muhammadiyah Sorong ke UNIMUDA Sorong

Sejak tanggal 5 Juli 2018, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Sorong beralih status menjadi Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong. Demikian maklumat Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi yang tersedia di laman web kementerian.

Dengan transformasi ini, maka STKIP Muhammadiyah Sorong menambah program studi yang ada selama ini dari sebelumnya hanya 10 program studi. Sementara program studi yang ada, semuanya dengan status terakreditasi dengan nilai minimal yaitu C. “Selanjutnya, dalam beberapa tahun yang akan datang sebelum alumni pertama dihasilkan wajib ada re-akreditasi” demikian dituturkan Rektor UNIMUDA Sorong, Dr. Rustamadji yang baru saja menyelesaikan pendidikan doktoral di Universiti Pendidikan Sultan Idris, Malaysia.

Setelah empat belas tahun dalam kelembagaan sekolah tinggi, UNIMUDA Sorong sudah mempersiapkan sejak awal untuk melakukan transformasi menuju status universitas. Untuk itu, persiapan baik dalam lahan maupun juga sumber daya sudah dilakukan sejak lima tahun lalu. Bahkan, juga walaupun dengan kondisi sekolah tinggi tetap saja jalinan kerjasama dan juga kolaborasi dengan perguruan tinggi dari seluruh penjuru dunia juga sudah dirintis dan diimplementasikan.

UNIMUDA Sorong ketika masih dalam status sekolah tinggi, juga menjadi bagian dalam pembentukan jaringan akademik SEAAM. Saat itu Biro Akademik, Doni Sudibyo, M.Pd. menjadi perwakilan STKIP Muhammadiyah Sorong untuk pengembangan dan penguatan kerjasama dengan pelbagai perguruan tinggi di kawasan timur Indonesia dan Asia Tenggara.

Bertempat di Aimas, ibukota Kabupaten Sorong, UNIMUDA Sorong tidak hanya melayani keperluan pendidikan masyarakat Aimas dan Sorong Raya, tetapi juga membuka secara luas kesempatan bagi masyarakat dari seluruh Tanah Papua. Bahkan, UNIMUDA Sorong juga menerima mahasiswa asing dari Kamboja yang menuntut ilmu di jurusan pendidikan bahasa Inggris.

“Ini baru awal, bukan akhir dalam pengabdian untuk Tanah Papua” disampaikan Rektor UNIMUDA Sorong. Pendidikan tinggi merupakan bagian dari pengembangan masyarakat, sehingga sepanjang masyarakat itu ada tentu keberadaan perguruan tinggi tetap relevan.

Transformasi STKIP Muhammadiyah Sorong ke UNIMUDA Sorong
It's only fair to share...Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin
Tagged on:             

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »