Walikota Manado Membuka Acara IPRC IAIN Manado

Walikota Manado Membuka Acara IPRC IAIN Manado

Dihadiri oleh mahasiswa pasca sarjana, kegiatan International Postgraduate Research Conference (IPRC) dilaksanakan di Hotel Peninsula, Kota Manado. IPRC digelar Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado kali kedua sebagai wadah untuk mempertemukan para mahasiswa dan dosen yang berasal dari program pasca sarjana di Asia Tenggara.

Dalam kesempatan pembukaan tersebut, Walikota Manado menyatakan bahwa pelaksanaan IPRC menjadi momentum untuk memperkenalkan wacana multikultural bukan saja dalam diskursus keilmuan tetapi merupakan praktik keberagamaan masyarakat Sulawesi Utara. Dengan demikian, momentum IPRC di Manado merupakan sarana menjembatani antara pembelajaran di ruang-ruang kelas, sekaligus dengan realitas masyarakat.

Perhelatan kali ini menghadirkan Prof. Sukree Langputeh, Fatoni University; Prof. Dr. Afandi Salleh, Universiti Sultan Zainal Abidin, Malaysia; Dr. Baiq Wardani, National Chengchi University, Taiwan & Universitas Airlangga, Surabaya. Selain itu juga, menghadirkan Prof. Dr. Kamaruddin Amin, Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Dr. Ismail Suardi Wekke, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Sorong & Southeast Asia Academic Mobility, Dr. Sulaeman Mappiasse, Institut Agama Islam Negeri Manado.

Acara akan berlangsung selama tiga hari (6-8/8) dengan penyaji makalah baik dari kalangan IAIN Manado, dan perguruan tinggi se-Indonesia. Hadir diantaranya IAIN Palopo, IAIN Gorontalo, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Dalam sambutan Rektor IAIN Manado yang diwakili Direktur Pasca Sarjana, Dr. H. Rivai Bolotio, M.Pd., menegaskan komitmen IAIN Manado untuk turut dalam menjadi bagian pengembangan masyarakat melalui institusi pendidikan tinggi.

Sementara itu, Dr. Ismail Suardi Wekke menegaskan bahwa pelaksanaan IPRC kali ini sebagai kesempatan kedua menjadi ajang bagi program pasca sarjana untuk bersama-sama dalam pengembangan Tri Dharma perguruan tinggi. Selanjutnya, Ismail yang juga Wakil Ketua Umum Majelis Sinergi Kalam (MASIKA) Ikatan Cendekiawan Muslim Se-Indonesia (ICMI) menyatakan bahwa pelaksanaan IPRC adalah program berkelanjutan yang sudah menjadi agenda tetap SEAAM. Pelaksanaan IPRC kali pertama 2016 lalu, menjadi cikal bakal pengembangan SEAAM.

 

Walikota Manado Membuka Acara IPRC IAIN Manado
It's only fair to share...Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin
Tagged on:             

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate ยป