IAIN Manado Sukses Selenggarakan ISCIS

IAIN Manado Sukses Selenggarakan ISCIS

Mahasiswa penerima beasiswa bidik misi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado berhasil melaksanakan 1st International Student Conference on Islamic Studies (ISCIS). Delegasi berasal dari 11 perguruan tinggi keagamaan Islam, dengan 3 pembicara kunci, dan 5 pembicara pleno. Sementara acara yang berlangsung tiga hari dimulai 21 sampai 23 September menyampaikan 32 makalah paralel yang seluruhnya berasal dari mahasiswa tingkat sarjana.

Dalam pembukaan konferensi yang bertempat di auditorium rektorat IAIN Manado, Jumat (22/9), rektor IAIN Manado Dr. Hj. Rukmina Gonibala, M.Si menuturkan bahwa kegiatan ini sepenuhnya adalah prakarsa para mahasiswa. Sehingga dengan pelaksanaan ISCIS ini membuktikan bahwa mahasiswa sesungguhnya tetap adalah pilar utama masyarakat. Sehingga tugas mereka disamping belajar juga mengemban amanah untuk mengembangkan ilmu pengetahuan.

Penyelenggaraan ISCIS adalah ikhtiar untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa sejak dini untuk terlibat dalam acara yang berskala antarbangsa. Untuk itu, kegiatan ISCIS dengan sendirinya menjadi wahana untuk pertemuan mahasiswa dalam mengkomunikasikan ide-ide dan temuan penelitian mereka.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Prof. Dr. Ahmad Thib Raya, M.Ag., guru besar bahasa Arab Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Prof. Thib Raya menyampaikan selamat kepada mahasiswa yang berhasil terpilih untuk mengikuti acara. Selanjutnya, beliau juga mengemukakan bahwa pelaksanaan ISCIS menjadi sarana bagi mahasiswa untuk membangun profil akademik mereka. Jikalau ini berkesinambungan, pada saatnya karakter mahasiswa akan terbangun sebagai individu yang bermanfaat bagi masyarakat.

Pelaksanaan ISCIS di kampus IAIN Manado dijadikan kesempatan untuk membangun atmosfer akademik. Maka, acara seperti ini adalah program utama yang menjadi rutinitas yang terjadwal. Rektor IAIN Manado dalam kesempatan tersebut juga menandatangani piagam kerjasama dengan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Watampone, Sulawesi Selatan.

Dr. Lahana, Wakil Ketua STAIN Watampone mengemukakan bahwa penandatanganan piagam kerjasama tersebut akan dijadikan sebagai dasar dalam melanjutkan kerjasama yang sudah ada selama ini. Tidak saja dalam kegiatan kemahasiswaan tetapi secara luas dalam aktivitas tri dharma perguruan tinggi.

Menutup acara tersebut, Rektor IAIN Manado yang diwakili Ibu Dr. Evra Willya, M.Ag., wakil rektor bidang kemahasiswaan dan kerjasama, menyampaikan harapan semoga acara ISCIS dapat dilaksanakan kembali sehingga menjadi flatform bagi mahasiswa secara luas. Tidak saja di lingkungan Kementerian Agama tetapi juga di kawasan Asia Tenggara.

IAIN Manado Sukses Selenggarakan ISCIS
It's only fair to share...Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin
Tagged on:             

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate ยป